Selamat Datang Di Kota Pacitan

MY BLOGS

Kamis, 26 Februari 2009

kecamatan ngadirojo

Kecamatan Ngadirojo adalah salah satu kecamatan di Kabupaten pacitan. Jangan terkecoh dengan kesamaan nama daerah ini dengan daerah di Wonogiri,Jawa Tengah.Lorok atau Lorog adalah nama kecamatan ini yang juga populer.Pacitan terletak di kordinat 8° 13' 0" Lintang selatan, 111° 19' 0" Bujur Timur

Batas Wilayah


1. Sebelah timur = Kecamatan Sudimoro
2. Sebelah utara = Kecamatan Slahung kab.Ponorogo
3. Sebelah Barat = Kecamatan Tulakan
4. Sebelah Selatan = Samudera Indonesia

Desa


Berikut nama desa-desa di Kecamatan Ngadirojo adalah :

1. Wonokarto
2. Nogosari
3. Tanjung Lor
4. Bodag
5. Cangkring
6. Wonodadi Wetan
7. Wonodadi Kulon
8. Bogoharjo
9. Cokrokembang
10. Ngadirojo
11. Wiyoro
12. Tanjung Puro
13. Pagerjo
14. Hadiluwih
15. Hadiwarno
16. Sidomulyo

Geografis dan kendudukan


Mata pencaharian penduduk: Mayoritas Petani, Pedagang, PNS, Swasta

* Tingkat Buta huruf %
* Tingkat kelulusan anak sampai SLTA %
* melanjutkan ke perguruan tinggi %

Komoditas


Padi, Palawija, Cengkeh, Kelapa, Kakao, ikan laut. Daerah Sawah pertanian yang dapat ditanami Padi ialah Cokrokembang,Ngadirojo,Wiyoro, Hadiluwih, Hadiwarno. Tanaman Kakao yang baru beberapa tahun ini dikenalkan tumbuh subur di semua area yang menjadi ladang percontohan.Sedangkan Cengkih ditanam di Wonokarto dan Cokrokembang .Dua Desa yaitu Hadiwarno dan Sidomulyo memiliki potensi yang lebih baik, karena terletak di pinggir pantai.Disini tangkapan ikan dan lobster dihasilkan, hasilnya dikonsumsi penduduk dan dijual ke luar daerah.

Potensi pariwisata


Pantai Taman di Desa Hadiwarno dan Pantai Anakan merupakan obyek wisata utama yang dimiliki Lorok.Pada Dua hari Lebaran, biasanya wisatawan lokal membludak mengunjungi pantai dengan garis pantai sekitar 10 km ini. Ombaknya yang besar dan akses masuk yang mudah merupakan daya tarik pantai, namun sebaiknya pengunjung tidak mencoba untuk maindi disini.hal ini dikarenakan ombak laut selatan yang besar dan untuk keamanan anda.Retribusi masuk dikenakan 1000 rupiah pada dua hari lebaran oleh pengelola setempat.

Pantai Puring di Sidomulyo juga merupakan obyek wisata yang diminati dengan keindahan tebing pinggir pantainya yang indah.Lokasinya mudah dicapai dengan kendaraan bermotor.

Pantai Anakan merupakan lokasi unik karena dangkal, ideal bagi anda yang ingin mencoba mandi di air laut, hal ini dikarenakan posisi teluk yang menyerupai kantong sehingga arus lautnya tidak begitu kuat.Disini anda bisa membeli ikan tangkapan segar dari nelayan dengan harga yang murah, dan jika anda berminat anda dapat sekaligus dengan dibakar, sungguh merupakan kenikmatan tersendiri.

Pantai di Sudimoro merupakan rangkaian "paket pariwisata" yang tidak boleh anda lupakan. Kondisinya yang masih natural, dan pasir putih dengan pemandangan yang elok akan menyegarkan pikiran anda, Bayangkan anda sedang menikmati segarnya kelapa muda sambil tiduran di hammock di Pattaya Thailand tanpa harus menghabiskan ratusan dollar hanya untuk pergi kesana.

Akomodasi merupakan masalah tersendiri jika anda merencanakan menginap di sekitar pantai-pantai yang ada di Lorok.Tempat penginapan komersial masih belum tersedia disini,mau tidak mau anda harus beramah tamah dengan penduduk untuk menginap.Namun saya kira anda akan mendapatkan pelayanan yang menyenangkan disana.

Kedepannya, jika potensi pantai yang ada mampu ditawarkan sebagai obyek pariwisata, pelayanan dan akses ke segala hal harus diupayakan untuk menjamin kenyamanan wisatawan..

Sentra usaha kerajinan tersebar di semua daerah dengan volume yang kecil.Usaha kerajinan Batik Tulis di Bogoharjo mampu menembus pasar Bali melalui peran distributor.Usaha pembuatan makanan kecil berupa kolong klethik tersebar di bodag dan cangkring.Lorok juga terkenal dengan Sale pisangnya yang unik karena dibungkus dengan daun pisang kering sehingga memberikan aroma tersendiri, namun sekarang agak sulit menemukan produk sale pisang dengan kemasan daun pisang kering, karena tergantikan dengan kemasan plastik yang lebih praktis.

Sekolah


1. SMUN 1 Ngadirojo
2. SMUN 2 Ngadirojo
3. SMK PGRI 1 Ngadirojo
4. SMK Kelautan

Informasi tambahan


Kode pos Lorok (Ngadirojo): 63572

Akses telephone masih satu Zona lokal dengan Kota Pacitan (Kode area 0357)

semua nomer berawalan 441 Layanan telekomunikasi seluler telah ada di kawasan ini yaitu dari telkom fleksi dan Telkomsel. Akses Internet secara terbatas dengan koneksi Telkomnet Instant (080989999) Rental Komputer sudah ada dibeberapa lokasi dengan pelayanan seperti ketik dan printing dan scanning Transportasi angkutan umum tersedia Bus Jurusan Lorok-Trenggalek, Lorok-Pacitan, Angkutan umum Lorok-Tulakan-Pacitan, Ojek, dan Becak ongkos angkutan Lorok Pacitan Rp.6000,-.Lorok-trenggalek, Rp.7000,-.Lorok-Tulakan Rp.2000,-.bus travel atau carteran juga tersedia. Kondisi Jalan semua sudah diaspal untuk jalur utama desa-desa.Pelayanan Listrik PLN masuk mulai th.1994 Jumlah kendaraan roda dua: --- unit, kendaraan roda empat: ---unit, pesawat udara 0 unit, Kapal laut 0 unit, kapal nelayan ---unit Kanal televisi ada di VHF, terdapat beberapa relay Pemancar TV antara.lain, milik Pemda di Kantor kecamatan, di atas Baran Cokrokembang, Wonodadi Kulon, Pagerjo, Hadiluwih, dan Hadiwarno. Stasiun radio yang ada : GEMILANG FM Muara Canda dan Informasi 103.8 MHz, Dengan Daya pancar maksimum yang diijinkan pemerintah dengan coverage Radio di pacitan jawa timur yang mencakup Kecamatan Ngadirojo, Sudimoro, Tulakan, Kebonagung, Pacitan, Arjosari, Tegalombo, Nawangan, Bandar, Punung, Donorojo, Pringkuku,Kabupaten Ponorogo,Trenggalek, Madiun, Wonogiri, Wonosari, Baturetno Jawa tengah, RCBFM 105 MHz, Wonokarto, Dengan antenna dan receiver yang bagus sinyal radio FM komersial dari Kota Pacitan, Kota Madiun, Ponorogo atau bahkan Surabaya dapat ditangkap dengan baik. Even tahunan terbesar: Lebaran dan Agustusan Bagi pengguna jalan dari arah Trenggalek yang menuju Kota Pacitan, dapat menggunakan Jalur melalui Sidomulyo-Jetak yang membypass Jalur tanpa harus melewati Tulakan, jalur ini telah mengalami rehabitasi untuk menjamin kelancaran lalu lintas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar