Selamat Datang Di Kota Pacitan

MY BLOGS

Kamis, 26 Februari 2009

kecamatan donorojo

Donorojo adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten pacitan, Jawa Timur, Indonesia.

Desa


Donorojo terdiri dari 12 desa:

* Desa Donorojo
* Desa Belah
* Desa Sukodono
* Desa Gendaran
* Desa Cemeng
* Desa Gedompol
* Desa Sekar
* Desa Klepu
* Desa Sendang
* Desa Widoro
* Desa Sawahan
* Desa Kalak

Batas wilayah


Batas kecamatan donorojo di sebelah barat dan sebelah utara adalah Kabupaten Wonogiri, sebelah timur Kecamatan Punung dan sebelah selatan adalah Samudra Hindia.

Kondisi dan potensi


Potensi kecamatan donorojo antara lain adalah kerajinan batu akik, pertanian (gaplek, padi, dan palawija),tanaman rempah, perdagangan palawija.

Potensi di bidang pariwisata meliputi pantai klayar, pantai watu karung, goa kalak sedangkan untuk kesenian terdapat peninggalan bersejarah yaitu wayang beber yang merupakan peninggalan kerajaan majapahit. beberapa kesenian yang lainnya adalah jaranan enem, tari oklik/oglor, wayang, reog ponorogo, upacara adat ceprotan.

Kehidupan masyarakat donorojo sebagian besar adalah bekerja pada bidang pertanian dan mengolah lahan kering. Pada waktu musim penghujan ditanami padi dan menjelang musim kemarau ditanami palawija. Hanya sebagian kecil yang menggunakan persawahan. Sebagian penduduk juga sebagai perantau/penduduk boro yang merantau di Jakarta, Solo dan kota besar lainnya.

Sarana perdagangan di kecamatan donorojo dilakukan pada saat pasaran. Pasar dibuka berdasarkan hari pasaran. Pasar Pon berada di desa donorojo. Pasar ini adalah pasar terbesar di kecamatan donorojo. Pasar Kliwon berada di desa sukodono, pasar ini juga biasa disebut pasar Tangkluk. Pasar legi berada di Desa Kalak.

Sarana pendidikan meliputi tingkat taman kanak-kanak hingga SLTA. Hampir semua desa memiliki Sekolah Dasar dari yang sederhana hingga menjadi SD yang favorit di kecamatan Donorojo. SMP terdapat 3 SMP, yaitu SMP N I Donorojo, SMP PGRI Gendaran, SMP PGRI Kalak, sebelumnya juga terdapat SMP PGRI Donorojo tetapi SMP ini telah dibubarkan karena keterbatasan beberapa hal. Pendidikan SLTA adalah SMEA PGRI Donorojo.

Sarana perhubungan telah tersedia akses jalan utama membelah kecamatan menjadi dua bagian. Jalan ini merupakan kelanjutan jalan potong dari jalur utama Pacitan Solo. Jalan ini melewati Desa Belah, Desa Sukodono, Desa Klepu dan sampai Desa Kalak. Sarana Transportasi berupa mobil omprengan. Di samping itu terdapat jalan yang membelah kecamatan dari sebelah timur ke barat menhubungkan antara ibu kota Pacitan dan Kabupaten Wonogiri hingga Yogyakarta.

Sarana Kesehatan terdapat sebuah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang memang belum mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat, sehingga terdapat puskesmas pembantu dan beberapa bidan dan dokter praktek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar